Rabu, 16 Februari 2011

Kerugian Kebakaran Lahan Capai Miliaran RupiahRabu, 16 Februari 2011 16:46 WIB



Riau,

Kerugian kebakaran lahan diperkirakan mencapai miliaran rupiah karena meluasnya titik kebakaran lahan. Titik kebakaran lahan tak hanya di wilayah Provinsi Riau, tetapi juga Jambi dan Sumatera Barat.

Tak hanya itu, lahan gambut konsesi dan perkebunan kelapa sawit milik sejumlah perusahaan pun terancam musnah. Bahkan sebagian telah ludes terbakar.
 
Selain membakar kawasan hutan, kini lahan kering di perkebunan warga di pinggiran Kota Jambi mulai ikut terbakar. Terbakarnya kawasan lahan kering tersebut diduga sengaja dilakukan masyarakat sekitar guna membuka dan memperlebar areal perkebunan mereka dengan memanfaat cuaca kering saat ini.

Petugas Manggala Agni Kehutanan Jambi mengakui aksi tersebut sangat sulit untuk dicegah. Pelaku melakukan  pembakaran secara sembunyi-sembunyi. Kemudian lahan yang terbakar ditinggalkan begitu saja dengan kobaran api yang cukup besar.

Sementara itu, kebakaran lahan di Kabupaten Pelalawan dan Kota Dumai, Riau sudah mulai merambah ke pemukiman warga. Hal itu membuat warga panik dan mereka berusaha memadamkan api dengan ranting kayu.

Namun, tiupan angin kencang justru menambah luas areal yang terbakar hingga mencapai puluhan hektar. Sejumlah unit mobil kebakaran dari Pemerintah Kabupaten Pelalawan diturunkan untuk memadamkan api.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar