Jumat, 28 Januari 2011

Puslabfor Usut Penyebab Kecelakaan KA di Stasiun Langen


Sabtu, 29 Januari 2011 13:35 WIB


Petugas Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri memeriksa bangkai Kereta Api Kutojaya yang bertabrakan dengan Mutiara Selatan di Stasiun Langen, Banjar, Jabar, Jumat (28/1), untuk memastikan penyebab musibah itu.

"Labfor yang langsung terjun ke lapangan sedang melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan," kata Kapolres Kota Banjar AKBP Tedi Hermansyah kepada wartawan di Banjar, Sabtu (29/1).

Tim Puslabfor tersebut, kata dia, sebagai upaya penyelidikan tindak lanjut dari peristiwa dua Kereta Api yang bertabrakan di jalur tiga stasiun Langen. Pemeriksaan tersebut, kata Tedi, bukan hanya dari bangkai gerbang dan lokomotif Kereta Api saja, melainkan bantalan rel, rambu atau material lainnya yang dijadikan sebagai media beroperasinya angkutan massal itu. "Penyeldikan secara ilmiah pemeriksaan terhadap material seperti rel, untuk mensinkronkan, apakah ada tindak pidana atau tidak," kata Tedi.

Selama pemeriksaan yang sudah berlangsung sejak Jumat (28/2) itu, dijelaskan Tedi belum mendapatkan data penyebab utama dalam peristiwa yang telah menewaskan tiga orang penumpang dan puluhan luka-luka. "Penyelidikan terus dilakukan sampai semua bukti mendukung, kita belum bisa menetukan, karena masih proses," katanya.

Selain melakukan pemeriksaan terhadap material dan dua bangkai lokomotif Kereta Api tersebut, kata Tedi pihaknya sudah mengamankan 10 orang saksi mata termasuk masinis dan asistennya serta operator stasiun Langen yang berjaga saat kejadian.

Sementara itu, bangkai gerbang dan lokomotif Kereta Api Kutojaya dan Mutiara Selatan sudah dievakuasi ke stasiun Kota Banjar dan Porwokerto, Sabtu pagi. Bangkai Kereta Api tersebut sudah bersih di lokasi terjadinya tabrakan di stasiun Langen, sementara korban luka-luka masih menjalani perawatan medis di RSUD Kota Banjar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar