Sabtu, 19 Maret 2011

Tentara Gaddafi masuk ke Benghazi


Terbaru  19 Maret 2011 - 09:36 GMT
Jet tempur jatuh di kota Benghazi
Jet tempur jatuh di kota Benghazi, kemungkinan ditembak oleh pasukan perlawanan rakyat
Tank-tank pro-Gaddafi berada di dalam kubu pemberontak di Benghazi seperti disaksikan oleh wartawan BBC, meskipun pemerintah Libia menyatakan gencatan senjata.
Satu peswat tempur jet ditembak jatuh di atas kota itu walaupun ada resolusi larangan terbang dari PBB, kata wartawan BBC, Ian Pannel.
Pemberontak mengatakan mereka diserang oleh pasukan pro-Gaddafi tetapi pemerintah membantah klaim itu.
Para pemimpin dari Inggris, AS, Prancis dan negara-negara Arab akan bertemu di Paris untuk membicarakan tindakan militer.
Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan dunia harus "satu suara" dalam hal Libia.
Resolusi baru PBB itu memberikan mandat untuk melakukan "semua tindakan yang diperlukan" untuk melindungi warga sipil Libia.

Siap siaga

Wartawan kami melihat tank-tank pemerintah di sebuah jembatan di dalam kota Benghazi sekitar pukul 1030 (1530 WIB).
Sebelumnya, Presiden AS Barack Obama mengatakan pasukan yang setia pada Kol Muammar Gaddafi harus menghentikan serangan terhadap daerah-daerah pemberontak, kalau tidak akan menghadapi tindakan militer.
Kota Benghazi merayakan resolusi PBB
Kota Benghazi merayakan resolusi PBB tentang larangan terbang di udara Libia
"Gaddafi harus menghentikan tentaranya maju ke Benghazi, menariknya dari Ajdabiya, Misrata dan Zawiya dan menghidupkan kembali aliran air, listrik dan gas ke semua kawasan," katanya hari Jumat.
Tetapi sejalan dengan resolusi itu, Obama menafikan pengerahan tentara darat AS.
Pada hari Jumat, pemerintah Gaddafi mengumumkan gencatan senjata sepihak namun laporan-laporan menyebutkan gempuran pemerintah terhadap kota-kota yang dikuasai pemberontak masih berlanjut, dan wartawan kami mengatakan tembakan senjata juga terdengar datang dari laut.

Link terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar